Wisata di Jogja

10 Tempat Wisata di Jogja yang Populer

Jogja menyerahkan sebuah nuansa yang masih kental sampai saat ini. Daya tarik wisatanya juga tetap mempesona. Akibatnya masih tidak sedikit wisatawan yang datang ke Jogja, walaupun mungkin banyak sekali dari mereka pun sudah pernah datang sebelumnya.

Salah satu area wisata Jogja yang tidak jarang kali ramai dikunjungi oleh wisatawan ialah kawasan Malioboro. Suasana Malioboro memang menjadikeadaan yang paling nyaman guna ditelusuri. Selain tersebut ada tidak sedikit sekali lokasi wisata di jogja dekat Malioboro yang dapat didatangi dengan gampang oleh semua wisatawan dengan becak, delman, atau bahkan jalan kaki.

Wisata di Jogja
Wisata di Jogja
  1. Pusat Oleh-oleh

Dilansir situs mc88bet di sepanjang Malioboro tidak sedikit sekali lokasi untuk melakukan pembelian oleh-oleh. Mulai dari penjaja yang melangsungkan barangbarang-barang di sepanjang ruas jalan Malioboro, hingga sejumlah bangunan yang adalah toko besar pusat oleh-oleh.

Wisatawan bebas menggali oleh-oleh di area ini dan menemukan harga yang bersaing. Kebanyakan yang dijual ialah pernak-pernik dan kaos khas Jogja.

Namun terdapat juga sejumlah toko yang memasarkan makanan danperlengkapan makan. Salah satu pusat oleh-oleh terbesar dan terkenalialah Mirota Batik. Selain tersebut ada pun bakpia pathok yang pun dekat dengan Malioboro.

  1. Mal Malioboro

Jika jenuh dengan wisata melakukan pembelian barang yang khas di Malioboro yang terbilang tradisional, datang saja ke Mal Malioboro. Lokasinya pun masih sedang di ruas jalan Malioboro.

Biasanya wisatawan yang datang ke Mal Malioboro sedang jenuh dengan jajanan Malioboro di angkringan. Akhirnya mereka masuk ke Mal Malioboro untuk melakukan pembelian makanan yang lebih cocok dengan selera lidah mereka.

Banyak bule pun yang datang ke sana untuk melakukan pembelian barang dan santap di restoran cepat saji di dalam mal tersebut.

  1. Taman Pintar

Di dekat Malioboro pun ada wisata pendidikan yang unik dan lumayan ramai dikunjungi wisatawan. Namanya ialah Taman Pintar Yogyakarta. Jika datang ke Jogja, mampirlah ke sana.

Lokasi wisata ini merupakan tempat wisata berbasis pendidikan yang baikguna anak-anak. Kebanyakan yang datang ialah keluarga dan anak-anak.

Tempat wisata ini paling populer. Bahkan terdapat yang menuliskan bahwa wisatawan yang belum ke Taman Pintar Yogyakarta berarti belum lengkap pekerjaan wisatanya di Jogja. Objek wisata ini juga lumayan murah guna dikunjungi.

  1. Museum Kereta

Masih di dekat Malioboro, lebih tepatnya di dekat Kraton Jogja, adasuatu museum yang dapat dikunjungi dengan harg atiket melulu Rp 5.000 saja. Namanya ialah Museum Kereta.

Jika belum pernah masuk ke sana, jangan beranggapan bahwa anda akan melihat tidak sedikit kereta api, sebab kereta yang dimaksud ialah kendaraan kraton.

Museum ini menyimpan tidak sedikit koleksi kendaraan kuno yang adalah kereta kuda yang dipakai oleh semua raja. Museum ini menyimpantidak sedikit bukti sejarah yang sehubungan dengan Kraton Jogjakarta. Selain tersebut ada sejumlah lukisan yang mencerminkan suasana Jogja di masa lalu.

  1. Kampung Bule Sosrowijayan

Ingin melihat tidak sedikit bule? Bukan melulu Bali tempatnya. Namunpun Jogjakarta.

Di dekat Malioboro terdapat sebuah area wisata Sosrowijayan. Ruas jalan ini ialah ruas jalan yang terkenal tidak sedikit bulenya. Hal inidisebabkan ruas jalan ini ialah ruas jalan yang memiliki tidak sedikit hotel.

Di samping hotel terdapat juga tidak sedikit penginapan murah yangdapat disewa, baik oleh turis lokal maupun turis internasional. Kawasan jalan Sosrowijayan ini memang mempunyai lebih tidak sedikit wisatawan bule, sebab memang Sosrowijayan familiar dengan nama Kampung Bule.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Tak jauh dari area Malioboro, terdapat lagi perumahan wisata perkotaan yang mempunyai nama Sindu Kusuma Edupark. SKE ini merupakan tempat wisata dekat Malioboro yang baru dimulai pada akhir tahun 2014 lalu.

Belum tidak sedikit wisatawan yang memahami SKE ini. Namun, pada ketika pembukaan, diperoleh data pengunjung menjangkau lebih dari 1500 orang per harinya. Jika penasaran, datang saja langsung ke sana.

Kawasan wisata SKE ini merupakan tempat wisata perkotaan dengan daya tarik pelangi yang besar. Tinggi pelangi tersebut bahkan menjangkau hampur 50 meter. Di samping itu, area ini pun buka sampai malam hari, sampai-sampai wisatawan dapat bebas menikmati sekian banyak wahana di sana.

  1. Kampung Cyber

Kampung Cyber Yogyakarta pun sering dinamakan sebagai Cyber Village RT 36. Lokasinya ada di sekitar Malioboro dan dapat didatangi wisatawan dengan mudah.

Keistimewaan dusun ini ialah konsepnya yang menarik dari dusun wisata lainnya. Kampung ini adalah salah stau pusat akses internet yang dapat dioperasikan oleh wisatawan yang datang ke sana.

Kampung ini dilengkapi dengan perlengkapan komputer yang diletakkan di dalam pos kamling atau pos ketenteraman siskamling. Semua orang yang datang bebas mengoperasikannya. Ada pun dinding yang dilukis dengan baikguna berfoto-foto.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Jika hendak suasana yang bertolak belakang di Jogjakarta, tetapi tidak hendak jauh-jauh meninggalkan area Malioboro, datang saja ke Kebun Binatang Gembira Loka. Lokasinya tidak jauh dari Malioboro.

Kebun hewan ini luasnya menjangkau 20 hektar dengan lebih dari 100 koleksi satwa. Selain tersebut ada pun 61 spesies tumbuhan yang dipelihara. Bagi wisatawan yang membawa anak kecil, di sana juga tidak sedikit wahana permainan.

Wisatawan dari luar daerah tidak sedikit yang datang ke sana untuk merasakan suasana istirahat. Kabarnya kebun hewan ini berasal dari tempat pemeliharaan satwa dari Keraton Yogyakarta.

  1. Pusat Kerajinan Perak

Di selama Malioboro pun ada objek wisata oleh-oleh dan kesenian yangtelah ada semenjak zaman dahulu. Inilah Pusat Kerajinan Perak Kotagede.

Wisatawan dapat datang ke sini dengan mudah. Jika fobia tersesat, naik becak saja. Lokasinya terdapat di Kecamatan Umbulharjo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul.

Sejak zaman dahulu Kotagede ini memang familiar dengan kerajinan peraknya. Wisatawan yang tertarik untuk melakukan pembelian barang oleh-oleh berupa kerajinan perak dapat mampir ke sana guna mendapat karya terbaik yang diinginkan.

  1. Masjid Gede Kauman

Masjid ini mempunyai keistimewaan tersendiri untuk masyarakat Jogja danpun sering dikunjungi sebagai tempat wisatawan beristirahat sejenak seraya beribadah.

Masjid ini adalah masjid raya yang umurnya lebih dari dua abad atau 200 tahun. Tentu saja ada tidak sedikit kisah dan sejarah yang melatarbelakangi berdirinya dan berjayanya masjid ini.

Bangunan masjid ini pun mempunyai gaya arsitektur yang kuno dan serupa dengan Kraton Yogyakarta. Hal ini menyerahkan kesan wisata sejarah dan kebiasaan yang bertolak belakang dengan masjid lainnya.

Demikianlah sejumlah tempat wisata di jogja dekat Malioboro yang dapat dikunjungi. Jika anda mempunyai waktu yang singkat guna berjalan-jalan di Jogja, datangi saja area Malioboro dan eksplor dengan teman-temanmu.

 

Leave a Reply